TIME
MANAGEMENT
“Wah
saya nggak ada waktu untuk ngerjain itu, kerjaan saya banyak sekali, dari tadi
saya ada di lapangan, tidak sempat keruangan kerja”. Saya hanya tersenyum
mendengar kalimat teman kerja saya tadi. Padahal teman tadi seorang Plant
Manajer, yang saya tahu bahwa dia memiliki beberapa supervisor yang membantu
pekerjaannya. Sekarang dimana letak kesalahannya. Apakah memang benar teman
saya tersebut harus turun kelapangan sendiri sepanjang hari untuk memastikan
produksi dapat berjalan dengan lancar? Berarti dimana dong peran para
supervisor yang ada di bawah dia? Kalau memang benar begitu adanya. Atau memang
teman saya tersebut tidak bisa membagi waktu atau bahasa kerennya Time Management nya tidak berjalan
dengan baik.
Tapi
apa sih yang dimaksud dengan Time
Management atau manajemen waktu itu?, kalau kita ambil arti secara bebas,
manajemen waktu adalah upaya atau usaha untuk memanfaatkan setiap bagian dari
waktu dengan aktivitas yang sudah kita direncanakan dengan target waktu yang
sudah ditentukan. Jadi sebenarnya secara mudah dapat diartikan melakukan
kegiatan sesuai dengan rencana yang sudah disusun. Memang tidak mudah untuk
kita lakukan,karena tentunya banyak sekali masalah yang akan ditemui. Tetapi
kalau kita menginginkan hasil yang maksimal dalam penyelesaian pekerjaan kita,
hal ini harus kita lakukan, kalau memang belum 100% kita lakukan, setidaknya
kita sudah berusaha untuk semaksimal mungkin melakukannya.
Untuk
dapat membuat manajemen waktu yang baik, kita harus melisting,
pekerjaan-pekerjaan yang akan kita selesaikan. Kita urutkan berdasarkan tingkat
kepentingannya, Urutan pertama tentunya adalah pekerjaan yang paling urgent untuk diselesaikan. Sampai
pekerjaan yang memiliki deadline terlama.
Dengan manajemen waktu yang baik,
kita akan dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjan sesuai due date yang telah
ditentukan. Tentunya hasil yang akan kita dapat lebih maksimal daripada kita
tidak menerapkan manajemen waktu. Itu semua dengan syarat kita harus disiplin
serta memiliki komitmen yang tinggi untuk menjalankan urutan pekerjaan yang
sudah ditentukan. Kalau tidak, iya kembali lagi sami mawon, tidak akan
berhasil. So disiplin serta komitment yang tinggi kuncinya. Dan mudah-mudahan
kalimat “ Wah saya gak ada waktu untuk mengerjakan pekerjaan ini, waktu saya
habis untuk pekerjaan-pekerjaan dilapangan” dari teman saya itu tidak akan saya
dengar lagi. Semoga.
0 comments:
Post a Comment