Sunday, March 2, 2014

TIME MANAGEMENT



TIME MANAGEMENT
“Wah saya nggak ada waktu untuk ngerjain itu, kerjaan saya banyak sekali, dari tadi saya ada di lapangan, tidak sempat keruangan kerja”. Saya hanya tersenyum mendengar kalimat teman kerja saya tadi. Padahal teman tadi seorang Plant Manajer, yang saya tahu bahwa dia memiliki beberapa supervisor yang membantu pekerjaannya. Sekarang dimana letak kesalahannya. Apakah memang benar teman saya tersebut harus turun kelapangan sendiri sepanjang hari untuk memastikan produksi dapat berjalan dengan lancar? Berarti dimana dong peran para supervisor yang ada di bawah dia? Kalau memang benar begitu adanya. Atau memang teman saya tersebut tidak bisa membagi waktu atau bahasa kerennya Time Management nya tidak berjalan dengan baik.
Tapi apa sih yang dimaksud dengan Time Management atau manajemen waktu itu?, kalau kita ambil arti secara bebas, manajemen waktu adalah upaya atau usaha untuk memanfaatkan setiap bagian dari waktu dengan aktivitas yang sudah kita direncanakan dengan target waktu yang sudah ditentukan. Jadi sebenarnya secara mudah dapat diartikan melakukan kegiatan sesuai dengan rencana yang sudah disusun. Memang tidak mudah untuk kita lakukan,karena tentunya banyak sekali masalah yang akan ditemui. Tetapi kalau kita menginginkan hasil yang maksimal dalam penyelesaian pekerjaan kita, hal ini harus kita lakukan, kalau memang belum 100% kita lakukan, setidaknya kita sudah berusaha untuk semaksimal mungkin melakukannya.
            Untuk dapat membuat manajemen waktu yang baik, kita harus melisting, pekerjaan-pekerjaan yang akan kita selesaikan. Kita urutkan berdasarkan tingkat kepentingannya, Urutan pertama tentunya adalah pekerjaan yang paling urgent untuk diselesaikan. Sampai pekerjaan yang memiliki deadline terlama.
            Dengan manajemen waktu yang baik, kita akan dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjan sesuai due date yang telah ditentukan. Tentunya hasil yang akan kita dapat lebih maksimal daripada kita tidak menerapkan manajemen waktu. Itu semua dengan syarat kita harus disiplin serta memiliki komitmen yang tinggi untuk menjalankan urutan pekerjaan yang sudah ditentukan. Kalau tidak, iya kembali lagi sami mawon, tidak akan berhasil. So disiplin serta komitment yang tinggi kuncinya. Dan mudah-mudahan kalimat “ Wah saya gak ada waktu untuk mengerjakan pekerjaan ini, waktu saya habis untuk pekerjaan-pekerjaan dilapangan” dari teman saya itu tidak akan saya dengar lagi. Semoga.

0 comments:

Post a Comment