Pemasaran modern tidak hanya sekedar mengembangkan produk, penetapan harga yang menarik sehingga terjangkau oleh konsumen. Kita juga harus memperhatikan bagaimana caranya memberikan informasi mengenai manfaat dari produk yang akan kita tawarkan.
Kita bisa saja menggunakan promosi seperti pemasangan iklan di media-media, pemasangan spanduk atau banner di ruang yang ramai. Yang tujuannya agar apa yang ingin kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh target konsumen yang akan kita tuju.
Agar informasi yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh calon konsumen, tentunya kita harus membuat pesan informasi ini seefektif mungkin sehingga persepsi yang diterima oleh calon konsumen sama seperti yang kita maksud. Yang pada akhirnya mereka mengerti dan membeli produk yang kita tawarkan.
Nah, sekarang bagaimana caranya mengkomunikasikan informasi ini dengan efektif, sehingga dapat dengan cepat sampai ke calon konsumen? Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk hal itu.
1. Buat pesan yang sederhana.
Pilihan bahasa dan kalimat yang sederhana akan mempercepat pemahaman dari target yang kita tuju. Seperti pemilihan slogan yang simple dan dapat dengan cepat di ingat oleh konsumen akan membuat produk yang kita tawarkan terus berada dalam benak konsumen.
2. Fokuskan dengan gaya hidup calon pelanggan.
Dengan mengetahui gaya hidup atau sifat calon konsumen kita, ini akan mempermudah kita dalam menentukan bahasa, gaya dan strategi promosi kita.
3. Tonjolkan nilai produk yang kita tawarkan.
Semua produk memang selalu ditawarkan sebagai produkk yang nomor satu, tetapi yang saya maksud disini adalah menonjolkan nilai produk yang kita tawarkan di bandingkan produk sejenis. Jangan terlalu mengumbar pesan secara teknis karena itu akan membuat target konsumen kita mengerucut atau menyempit.
4. Ceritakan pengalaman orang lain.
Pengalaman orang lain kita butuhkan sebagai pendukung testemoni, bahwa produk kita memang layak pergunakan atau di konsumsi.
5. Pergunakan kalimat yang menyentuh .
Pemilihan kalimat yang menyentuh, berarti kita harus membuat pesan yang dapat membujuk konsumen untuk membeli produk kita, ini berarti pilihan kata dan kalimat harus menghasilkan pesan yang komunikatif, dapat memberikan semangat, membujuk dan menggembirakan dan bahkan memotivasi.
6. Terus lakukan komunikasi dengan mereka agar kita menerima informasi dari calon pelanggan mengenai persepsi mereka terhadap produk kita.
Dengan komunikasi yang efektif dan jelas, akan membuat pesan yang kita sampaikan dapat dengan cepat diterima dan dimengerti oleh konsumen, dan akhirnya akan terbentuk persepsi yang positif terhadap produk yang kita tawarkan.
Bekasi,17 April 2013
0 comments:
Post a Comment